Thema Seminar Reuni

Berdasarkan hasil rapat Steering Committee Panitia Lustrum IX Fakultas Kehutanan UGM, maka diputuskan thema Seminar dalam rangkaian Lustrum ini adalah ” Dengan Korsa Rimbawan kita bangun Hutan dan Lahan sebagai Sistem Penyangga Kehidupan”, adapun sub themanya adalah ” Pengelolaan Hutan, Lahan dan Biodiversitas berbasis Konservasi Ekosistem untuk melindungi sistem penyangga kehidupan”

Tujuan Seminar dalam rangka Lustrum IX dan Reuni Akbar Fakultas Kehutanan UGM adalah:

1. Tersusunnya konsep umum pengelolaan lahan dan hutan sebagai sistem penyangga kehidupan dengan berbasis konservasi ekosistem dengan mempertimbangkan kondisi sosio-ekologis masyarakat lokal.

2. mengidentifikasi satuan-satuan teknis pengelolaan lahan dan hutan yang menjamin keberlangsungan proses ekologis

3. mengangkat konsep “ecosystem based forest management” sebagai ikon dan unggulan Fakultas Kehutanan UGM

4. terumusnya kesatuan sikap alumni dalam pengelolaan hutan dan lahan di Indonesia, dengan tersusunnya strategi dan program kerja untuk pembinaan alumni serta makin eratnya hubungan alumni dengan almamaternya.

Seminar akan diselenggarakan pada Hari Sabtu, 8 November 2008, pukul 08.30-15.00 di Fakultas Kehutanan UGM. Bagi para alumni atau yang berminat untuk mengirim dan menyajikan makalah dalam kesempatan tersebut dapat menghubungi panitia dengan alamat e-mail reunifkt2008@gmail.com

2 responses to “Thema Seminar Reuni

  1. Rumusan tujuan yang mantap, cuman kalau melihat rancangan jadwal kok kayaknya jauh panggang dari api. Kegiatan reuni yang cuman kurang dari 3 hari habis untuk kegiatan seremoni. Justru kegiatan yang mengarah pencapaian tujuan seperti tujuan nomer 1 perumusan konsep sangat terbatas. Masak sih membangun satu konsep hanya dalam waktu kurang dari 3 hari. Bagaimana kalau dalam reuni tersebut justru diperbanyak kegiatan presentasi tentang cerita-cerita lapangan yang terkait dengan pengelolaan hutan dan lahan atau tentang HCV. Jadi reuni selain ajang nostalgia adalah ajang untuk share pengetahuan dari praktek para rimbawan. Kemudian tugas teman-teman di kampus adalah mengambil benang merah dan memperkayanya dengan kaedah-kaedah akademis.

  2. Ide bagus mas. Reuni adalah ajang milik alumni, sehingga gagasan yang bagus ini seyogyanya didiseminasikan ke alumni yang lain. Panitia yang ada di kampus memfasilitasi penyiapan pertemuannya. Substansi kita kembangkan bersama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s