Milist angkatan atau milist lintas angkatan?

Tak pelak lagi, kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah merevolusi segala sendi kehidupan kita, termasuk diantaranya merubah cara berkomunikasi atau bersilaturahim kita dengan kawan atau saudara kita. Reuni dulu merupakan bagian utama dari pertemanan kita dengan kawan-kawan sealmamater, termasuk se-angkatan waktu kuliah. Dulu, saat masih nge-LSM di Bogor, saya pernah menginiasi buletin angkatan yang beritanya saya kumpulkan dari kabar-kabar yang dikirim kawan-kawan, terus secara periodik saya kirim ke kawan-kawan angkatan di daerah plus permintaan cerita untuk dishare ke yang lain. Wah, repot sekali saya cuman mampu bertahan 3 edisi terus kehabisan enerji dan waktu karena rutinitas pekerjaan.

Saat ini, berbagai milist bertebaran di internet. Tak pelak lagi kita harus berterima kasih pada yahoogroups.com atas fasilitasnya yang luar biasa bermanfaat. Kalo tidak salah ide milist ini bukan gagasan asli yahoo, karena dulu saya ingat yahoo yang membeli (mengakusisi) e-groups. Lupakan bicara soal teknologi, kita kembali ke masalah per-milistan dan jaringan alumni.

Sejauh pengamatan saya, paling tidak ada 3 pola milist yang terkait dengan jaringan alumni kehutanan. Pertama milist yang lintas angkatan, ForestGAM@yahoogroups.com yang dikomandani Sofie, Mamad, Uyung, Deni (ternyata kebanyakan eks-SI dan alumni eks kantor Infront yang di Jakal). Kedua, milist angkatan yang biasanya ekslusif bagi masing-masing angkatan, seperti forestry_ugm_93@yahoogroups.com, fkt88@yahoogroups.com, dan sebagainya. Pola terakhir adalah milist yang ekslusif karena profesi, pertemanan, hobby dan sebagainya, contoh milist ini adalah dosenfkt@yahoogroups.com, karanggayam78@yahoogroups.com, rimbawaninteraktif@yahoogroups.com dan sebagainya.

Angkatan anda punya milist, silahkan kita daftar rame-rame, siapa tahu ada kawan kita yang belum bergabung dengan milist tersebut, dan akhirnya mengetahuinya dari blog ini. Daftarkan milist angkatan kita masing-masing….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s