Usulan penyempurnaan agenda Munas hasil rapat KagamaHut 10 Oktober 2008

Pada tanggal 10 Oktober 2008, Pengurus dan Dewan Pertimbangan Organisasi Kagamahut mengadakan rapat membahas berbagai hal tentang rencana Lustrum, Reuni dan Munas Kagamahut. Adapun hasil-hasil rapat tersebut antara lain mengusulkan tambahan kegiatan dan penyempurnaan hal-hal sebagai berikut:

1. Kami mengusulkan adanya tambahan kegiatan dalam jadwal acara yaitu: presentasi JUN (Jati Unggul Nusantara), pertemuan angkatan, pertandingan gapleh dan catur antar angkatan dan olahraga jalan kaki/bersepeda pagi, penambahan satu komisi V: Hutan dan Perubahan Iklim Global, penyampaian political statement, press conference serta penutupan oleh Menteri Kehutanan. Dengan demikian susunan jadwal acara Lustrum, Reuni dan Munas Kagamahut diusulkan menjadi sebagaimana di bawah ini.

2. Temu alumni dan mahasiswa dimaksudkan membangkitkan semangat para mahasiswa sekaligus menyampaikan peluang kerja serta perkembangan dan tantangan pembangunan kehutanan. Acara ini akan diawali dengan 3 presentasi singkat oleh Ir. Wahjudi Wardojo MSc mewakili Pemerintah dan BUMN, Dr. Ir.Agus Setyarso MSc mewakili LSM dan Ir. Purwadi ME mewakili perusahaan/swasta kehutanan, serta dilanjutkan diskusi bebas. Untuk itu dimohon panitia dapat mengerahkan sebanyak mungkin mahasiswa agar ikut serta dalam dialog ini. Banyak alumni senior telah menyatakan kesediaannya untuk hadir dalam acara ini. Ir. Belinda Arunarwati MSc telah ditunjuk untuk menyusun TOR sebagai arahan diskusi ini. Diperkirakan diskusi akan cukup menarik sehingga Rapat mengusulkan penambahan waktu diskusi yang dimulai dari jam 09.00.

3. Temu dan Uneg-uneg Alumni dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada alumni menyampaikan hasil karyanya, gagasan pemikiran, usulan dan saran-saran alumni terhadap berbagai hal sekaligus sebagai ajang komunikasi antara alumni yunior dan senior. Dalam acara ini akan diawali presentasi Ir. Hariyono Suroso MSi tentang JUN (Jati Unggul Nusantara) dilengkapi pameran JUN, dilanjutkan presentasi alumni yang mewakili yunior sampai senior serta perwakilan wilayah/daerah, kelompok profesi (LSM, Swasta, PNS, BUMN, dll) dan diskusi bebas. Perlu ditunjuk petugas yang mewaikili kelompok-kelompok tersebut sebagai penyaji awal bahan diskusi sebelum diskusi bebas. Untuk acara ini juga diusulkan penambahan waktu diskusi.

4. Pertemuan angkatan dimaksudkan untuk membentuk kepengurusan tiap angkatan untuk efektifikas komunikasi dengan pengurus Kagamahut. Pertemuan angkatan diatur bersamaan acara dinner dengan meja dan kursi yang telah disusun per-angkatan atau gabungan angkatan dan dapat dilanjutkan setelah acara dinner.

5. Telah disepakati untuk mempersiapkan materi sebagai bahan diskusi sidang-sidang komisi Kagamahut, yaitu Komisi I (AD/ART dan Tata Tertib), disiapkan oleh Ir. Hariyono Suroso Msi dan Dr. Ir. Haryadi Himawan MBA. Komisi II (Program Kerja) disiapkan Dr. Ir. Tachrir Fathoni, MSc dan Mudhofir Shut, serta Komisi III (Dukungan terhadap Persaki) disiapkan oleh Ir. Indriastuti.

6. Untuk keakraban antar angkatan diusulkan pertandingan catur, gapleh dll pada hari Jumat malam setelah/saat acara dinner. Panitia diharapkan dapat menugasi mahasiswa untuk mengatur acara ini.

7. Pada Sabtu pagi mulai jam 06.00 diusulkan adanya olahraga jalan kaki/bersepeda bersama Menteri Kehutanan. Diharapkan akan ada sponsor (misalnya KPWN/JUN) untuk mencetak kaos seragam peserta. Diusulkan agar Panitia pusat membentuk panitia khusus untuk menyiapkan acara ini dengan melibatkan mahasiswa.

8. Rapat mengusulkan sedikit perubahan judul sidang komisi untuk tanggal 8 November dan menambah satu sidang komisi sehingga nama-nama sidang komisi menjadi:
Komisi I : DAS dan kehidupan berkelanjutan : tantangan krisis pangan, air dan energi;
Komisi II : HCV dalam pengelolaan hutan dan lahan (tetap);
Komisi III : Kemandirian pengelolaan Taman Nasional;
Komisi IV : Implementasi KPH menuju SFM (KPHP, KPHK dan KPHL);
Ko misi V : Hutan dan Perubahan Iklim Global.

9. Untuk sidang-sidang komisi ini perlu disusun TOR sebagai arahan diskusi bagi para peserta dan ditunjuk penyaji materi sebagai bahan diskusi. Rapat telah menunjuk petugas untuk menyiapkan TOR dimaksud yaitu Dr. Ir. Agus Setyarso MSc (Komisi I); Dr. Ir. Bambang Trihartono MSc (Komisi II); Dr. Ir. Tachrir Fathoni MSc dan Ir. Wiratno Msc (Komisi III), Ir. I Made Gelgel (Komisi IV) serta Dr. Ir. Nurmasripatin MSc (Komisi V). TOR tersebut akan segera diserahkan kepada panitia pusat untuk menjadi bahan pertimabangan.

10. Rapat juga mengusulkan adanya penyampaian Political Statement dari hasil-hasil rangkaian acara ini yang akan diserahkan langsung kepada Menteri Kehutanan pada Sabtu, 8 November jam 15.00 sesudah pembacaan perumusan sidang dan sebelum acara ditutup secara resmi oleh Menteri Kehutanan. Untuk perlu ditunjuk petugas yang menyiapkan draft awal Political Statement dimaksud.

11. Rapat juga mengusulkan agar rangkaian acara Lustrum, Reuni dan Munas Kagamahut ini diliput secara luas oleh mass media. Oleh karena itu diusulkan adanya press conference setelah selesai acara. Untuk itu Rapat menugaskan Ir. Masyhud MM untuk mengkoordinasikan dokumentasi dan memobilisasikan liputan rangkaian acara sejak awal sampai berakhirnya acara.

12. Keberhasilan acara ini salah satunya sangat tergantung besarnya partisipasi alumni dari seluruh Indonesia. Oleh karena itu rapat menugaskan Ir. Agus Wahyudi MM dan Ir. Iwan Kurniawan MM untuk mengkoordinasikan pengerahan massa termasuk pengaturan transportasi peserta dari Jakarta ke Yogyakarta dengan anggota Ir. Miftahuddin MM, Ir. Mulyono MM, Ir. Nurwanto MM, Ir. Didik Hargianto MM, Wisnu Shut, Zainal Abidin Shut, Salis Shut. Seluruh tim pengerahan massa ini diminta ikut secara penuh dalam setiap acara mulai dari awal sampai akhir.

13. Untuk keperluan ijin meninggalkan tugas di kantor masing-masing alumni, diusulkan agar Rektor UGM atau Dekan Fakultas Kehutanan UGM menulis surat secara resmi kepada Menteri Kehutanan cc setiap Eselon I, para Gubernur serta para Bupati cc Kepala Dinas yang menagani Kehutanan, agar mengijinkan para alumni Fakultas Kehutanan UGM MENGHADIRI SEMINAR (supaya dapat di SPJ kan) mulai tanggal 6-8 November. Surat dimaksud hendaknya dapat segera dikirimkan agar para alumni dapat segera menyelesaikan administrasi perijinan dan mengatur jadwal masing-masing.

14. Rapat juga mengusukan agar panitia di Yogyakarta segera mengadakan pertemuan gabungan dengan panitia yang di Jakarta. Sedang rapat Pengurus dan DPO Kagamahut berikutnya akan diselenggarakan Jumat 17 November jam 09.00 di ruang rapat Dirjen PHKA Lt 8 Manggala Wanabakti. Untuk itu semua pengurus dan DPO serta petugas yang telah ditunjuk agar dapat hadir dengan melaporkan perkembangan tugas masing-masing.

15. Rapat juga mengusulkan agar Rektor/ Dekan Fakultas Kehutanan segera mengirim surat resmi permohonan kepada Menteri Kehutanan untuk berkenan menutup acara Lustrum, Reuni dan Munas Kagamahut I. Kami telah membooking sementara jadwal Menteri Kehutanan pada tanggal 8 November untuk menghadiri acara tersebut di Yogyakarta.

Demikian hasil-hasil rapat Pengurus Kagamahut dan DPO Kagamahut, semoga menjadi bahan pertimbangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s