Reuni dan Revolusi ICT

Reuni kita kali menikmati kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sehingga tak terasa kita akan mengalami suasana pra reuni yang sangat berbeda dengan tauhun-tahun sebelumnya. Setelah bertahun-tahun menjadi alumni Fakultas Kehutanan UGM saya baru merasakan suasana persiapan reuni yang begitu intens dan bergerak simultan di berbagai penjuru kota di Indonesia,bahkan alumnus yang saat ini sedang studi di manca pun ikut berkontribusi pemikiran. Membaca e-mail Pak Tachrir, yang menawarkan solusi up loading surat ijin dari Dekan Fakultas Kehutanan UGM untuk menghadiri seminar di UGM untuk mengatasi lambatnya pos siput yang kita miliki (waduuuh hampir lupa kalo kita punya BUMN PT Pos Indonesia yang dulu sangat kita nanti-nanti kehadirannya pada saat menjelang lebaran tiba). Saya baru teringat jasa itu saat tim sekretariat mencoba mendistribusikan leaflet yang didisain tim saya (Publikasi) ke seluruh Indonesia. Wah, satu juta rupiah melayang untuk mengirimkan 400 amplop yang (he he he) tidak tahu kapan sampainya. Padahal dalam beberapa hari sebelumnya leaflet versi pdf telah di-up load di blog https://lustrumkehutanan2008.wordpress.com dan telah diakses dari berbagai lokasi di Indonesia dan manca (lihat di statistic blog). Sungguh revolusi yang luar biasa. Desain leaflet yang telah selesai seminggu sebelum lebaran, ternyata harus ikut cuti lebaran di percetakan, bahkan setelah H+7 pun kami harus bolak balik menteror petugas Gama Press untuk mempercepat prosesnya. Hari pertama masuk timnya mbak Fajar (sekretaris Lustrum) sudah bekerja mengetik ulang alamat yang akan dikirimi leaflet, dan menghabiskan 3 hari menyelesaikannya. Cetakan belum selesai, koreksi jadwal muncul dari Pengurus Kagama (he he he, mas Satyawan mencoba mengkontak percetakan untuk meralatnya). Dan saya tinggal buka blog, ketik up date jadwal acara reuni…… Sungguh kemudahan yang luar biasa…..

Hiruk pikuk persiapan lustrum IX yang terasa mengoncangkan milist FOREST_GAM, episentrum kegiatan tidak lagi didominasi Yogyakarta maupun Jakarta saja. Bahkan kalo kawan-kawan datang ke kampus mungkin saat ini kehangatan persiapan reuni masih belumlah sehangat diskusi di milist kita. Kesimpulan yang bisa saya tarik adalah ternyata kita (rimbawan) tidak gagap teknologi, he3x saya jadi ingat saat ini ada milist dosen, karyawan dan mahasiswa kehutanan UGM yang bicara soal teknis ICT di kampus diberinama forestergakgaptek@yahoogroups.com. Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat menjadi tools yang sangat bermanfaat bagi profesi rimbawan yang seringkali karena profesi harus terpisahkan ke seluruh penjuru Indonesia dan dunia. Kita sudah banyak memanfaatkan ICT sebagai media silaturahim, namun sudahkah kita mulai memikirkan untuk memanfaatkan kemajuan ICT sebagai wahana SPIRALISASI PENGETAHUAN di bidang Kehutanan??? Fakultas Kehutanan UGM sudah berinvestasi membeli seperangkat alat videoteleconference yang dapat dimanfaatkan untuk sharing knowledge. Paper mbak Ari Susanti berdua dengan saya tentang Perkembangan TIK untuk pendukung Pendidikan Kehutanan di Indonesia, diterima sebagai presentation paper di seminar Forestry Education di Pilipina November ini.

Saya jadi ingat diskusi komisi-komisi yang ada, mungkin perlu diberi ruang pula untuk paper-paper yang tidak terlalu substantive di bidang kehutanan namun supporting terhadap kehutanan. Ada baiknya thema Komisi V diubah dari Hutan dan Perubahan Iklim Global, menjadi “Kehutanan dan ‘IKLIM’ Global yang berubah”. Thema baru ini akan lebih fleksibel dimasuki paper-paper yang mungkin sulit masuk ke komisi-komisi yang sudah ada.

Terakhir, karena saat ini sedang marak-maraknya meletusnya Bubble economic activity di Amerika yang berdampak global, semoga hiruk pikuk kita ini juga bukan sesuatu yang Bubble activity, ….semoga.

Salam,
Taufik

2 responses to “Reuni dan Revolusi ICT

  1. mas taufik,
    semua saja bisa ngirim paper? ada call for paper gak sih?

    siapa tahu banyak yang pengin sumbang tulisan:)

  2. seminar dalam rangkaian reuni khan dari kita, untuk kita dan oleh kita (alumni). So, terbuka bagi siapapun untuk menyumbangkan apapun termasuk paper. Ditunggu papernya mas Iip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s