Komunitas Bersepeda Fakultas Kehutanan UGM

Hingga saat ini, kota Jogja masih terkenal dengan sebutan “kota sepeda”, meskipun “sepeda” yang sebenarnya sudah banyak digusur oleh sepeda motor. Lain hanya dengan civitas akademika di Fakultas Kehutanan UGM, meskipun sepeda motor mendominasi “parkiran”, namun beberapa sepeda (yang sesungguhnya) masih nampak di parkiran.
Sejak tahun 2006, para pe-sepeda di Fakultas Kehutanan UGM mulai sering berkumpul bareng dan melakukan tour-tour kecil di hari minggu. Lama kelamaan kumpulan ini makin besar dan mulai terorganisir. Terbukti teman-teman mulai membuat seragam kaos sepeda dan makin sering melakukan tour dengan jarak yang makin jauh (misal hingga waduk Gajah Mungkur, Wonogiri).
“Racun” bersepeda ini makin lama makin membesar dengan jumlah peserta yang bertambah banyak. Akhirnya pada bulan Juli 2008 dibentuklah komunitas sepeda di Fakultas Kehutanan UGM dengan label “Forestry Cycling Club” atau disingkat FCC dan beranggotakan sekitar 60 orang yang kebanyakan masih karyawan dan dosen (mahasiswanya masih lebih senang pake sepeda motor,..hiks…).
Munculnya FCC didasari untuk mengajak mengingatkan kembali, bahwa sepeda adalah salah satu jenis moda transportasi, sama dengan sepeda motor, mobil, bus dll. Yang terjadi sekarang, anak-anak SD-SMP masih mau pakai sepeda karena nanti akan digunakan sebagai batu loncatan untuk migrasi ke sepeda motor, padahal keduanya sama-sama moda transport juga. Oleh karena itu diperlukan suatu gerakan dan komitmen dari seluruh elemen masyarakat untuk menaikkan kembali image sepeda di Indonesia.
Cita-cita besar dari FCC adalah menyatukan seluruh penggiat sepeda dari rekan-rekan yang beraktivitas di bidang kehutanan baik di perguruan tinggi, DepHut, dinas/instansi kehutanan, Perhutani, perusahaan swasta kehutanan dsb sehingga ibarat bola salju, makin lama akan makin membesar dan mengangkat kembali citra sepeda sebagai moda transport yang sederhana, irit, bebas polusi, hemat energi dan yang paling penting, menyehatkan….. Selamat bersepeda.

Ditulis oleh Mayong, di blog Forestry Cycling Club Jogja

http://forestrycyclingclub.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s